Rayap itu ganas! Ini adalah hama yang diam-diam menyerang rumah Anda dan memakan fondasi kayunya. Ini dapat menyebabkan biaya tambahan seperti merekonstruksi lemari dapur yang rusak atau menyambung kembali balok, atau bahkan membangun kembali lemari.

Pencegahan rayap bukanlah pekerjaan mudah. Namun mengetahui tentang kebiasaan mereka, termasuk dari mana mereka berasal dan jenis lingkungan apa yang mereka tinggali akan memudahkan Anda memikirkan cara untuk melindungi rumah Anda dari serangan rayap. Ada dua faktor utama yang meningkatkan kemungkinan munculnya masalah rayap di dalam rumah: tingkat kelembapan dan ketersediaan kayu. Anda dapat memeriksa beberapa bagian rumah Anda seperti lemari, pintu kamar mandi, dan meja rias kamar tidur untuk mengetahui tanda-tanda awal serangan rayap .

Ada tiga kelompok besar rayap. Namun secara umum, rayap digolongkan menjadi 2 jenis rayap yaitu rayap tanah dan rayap kayu kering. Mari kita lihat lebih dekat setiap spesies rayap dan bagaimana mereka menyerang rumah Anda.

Rayap bawah tanah

Rayap tanah adalah jenis rayap yang paling umum di Indonesia. Ini diketahui merusak banyak bangunan dan rumah di negara ini.

Di mana mereka tinggal? Spesies ini hidup di bawah tanah di mana sangat lembab dan lembab.

Bagaimana mereka bertahan? Mereka membutuhkan banyak kelembaban untuk hidup, itu sebabnya mereka membuat koloni mereka di bawah tanah. Juga penting bahwa mereka menjaga kamar raja dan ratu mereka tetap lembab dan pada suhu yang sesuai sehingga dia dapat bertelur lebih banyak untuk menumbuhkan koloni. Suhu koloni yang disukai berkisar antara 25 hingga 35 derajat Celcius.

Bagaimana mereka menyerang rumah Anda? Seiring bertambahnya jumlah koloni, rayap pekerja mulai memperluas koloni bawah tanah mereka, sering kali membuat tempat bersarang terpisah saat area mencari makan mereka meluas untuk mengumpulkan lebih banyak makanan bagi koloni mereka yang sedang tumbuh. Ini adalah saat rayap mulai menyebar di atas tanah dan masuk ke dalam rumah. Rayap ini tidak mencari makan di tempat terbuka saat mereka melakukan perjalanan di atas tanah. Sebaliknya, mereka membangun terowongan lumpur menggunakan kotoran, air liur, dan terkadang kotoran mereka untuk mengunci kelembapan di dalam terowongan sehingga mereka dapat bertahan hidup.

Mereka, sebagian besar waktu, tertarik pada kelembaban tinggi di area bawah tanah atau fondasi lembab rumah Anda untuk mencari area mencari makan baru. Mengurangi kelembapan di rumah Anda dapat mengusir rayap yang berkeliaran. Untuk mengontrol kelembaban di rumah Anda sendiri, Anda harus memastikan tidak ada kebocoran air di salah satu pipa, Anda memiliki ventilasi yang baik di area lembab di rumah seperti kamar mandi atau dapur, Anda menghindari meninggalkan area basah untuk dikeringkan. itu sendiri, dan Anda segera membersihkan dan mengeringkan karpet jika Anda menumpahkan cairan ke atasnya.

Rayap kayu kering

Perbedaan antara kayu kering dan bawah tanah adalah rayap kayu kering mampu menghasilkan jumlah kelembaban yang mereka butuhkan dengan memetabolisme kayu yang mereka makan.

Di mana mereka tinggal? Rayap kayu kering tidak membutuhkan kelembapan sebanyak rayap tanah. Mereka dapat hidup dengan baik di kayu berlubang atau kayu struktural seperti yang digunakan untuk konstruksi rumah.

Bagaimana mereka bertahan? Hama jenis ini hidup dan menumbuhkan koloninya di dalam struktur kayu dan jarang keluar untuk mencari makanan. Struktur kayu tempat mereka tinggal berfungsi sebagai tempat berlindung dan sumber makanan mereka. Pertumbuhan dan populasi koloni tergantung pada ukuran struktur kayu tempat mereka tinggal.

Mereka juga menikmati kayu lembab yang disebabkan oleh pipa bocor atau hujan dan tertarik ke area ini. Kelembaban dan kelembapan tingkat tinggi dapat menumbuhkan koloni rayap kayu kering dengan sangat cepat, menyebabkan koloni tersebut matang lebih cepat dan menyebabkan banyak kerusakan pada rumah Anda.

Bagaimana mereka menyerang rumah Anda? Salah satu cara untuk mendeteksi rayap kayu kering di rumah Anda adalah dengan mencari kotoran rayap, atau frass, di lantai. Mereka membuat lubang kecil di mana mereka bisa mengeluarkan kotorannya untuk menjaga terowongan tetap bersih dan mudah diakses. Kotoran ini seperti pelet kecil dan seringkali memiliki warna yang berbeda tergantung pada jenis kayu yang dimakan rayap. Gundukan frass besar ini adalah tanda-tanda rayap kayu kering yang dapat ditemukan di tempat-tempat yang paling terlihat di rumah Anda seperti kusen pintu, lemari dapur, meja rias, lemari kamar kecil, dan bahkan lemari pakaian Anda.

Namun, pada tahap awal, serangan rayap sulit dideteksi. Mungkin masih belum terlihat oleh mata. Lebih baik periksakan rumah Anda sebelum menyebar luas. Deteksi dini perusak diam ini akan menyelamatkan rumah Anda dari perbaikan besar ubin kamar mandi yang longgar, langit-langit yang berubah warna atau kendur, alas atau dinding yang rusak atau berlubang, lubang drywall atau wallpaper, dan pintu atau jendela yang macet.

Jika Anda mengalami masalah dengan rayap, sebaiknya Anda menghubungi perusahaan jasa anti rayap profesional.

 

Fakta Rayap: Dimana Rayap Hidup di Dunia?

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *